Pantai Selok Cilacap

Pantai Selok Cilacap
Pantai ini merupakan hamparan pasir yang ada di antara Gunung Selok dan Muara Sungai Sentolo (Bengawan Adiraja) serta Samudra Hindia. Hamparan pasir ini pada mulanya sempit. Namun, seiring dengan perubahan arus pada sungai tersebut, menjadikan hamparan pasirnya bertambah luas. Hingga akhirnya, kini lokasi tersebut menjadi tempat wisata pantai yang indah dan banyak dikunjungi wisatawan.
Kenyamanan wisatawan untuk mengunjungi tempat ini dikarenakan saat keadaan normal, ombaknya tidak besar. Namun, jika anda mengunjungi tempat ini saat air laut pasang, hendaklah berhati-hati. Arus pasang air laut bisa membuat beberapa permukaan menjadi dalam.

Pantai Selok berada di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Dinamakan Pantai Selok karena dekat dengan Gunung Selok dan tepatnya di sebelah selatan Goa Ratu dan Rahayu. Lalu, apa saja pemandangan yang dapat kita lihat di kawasan pantai ini? Yuk simak foto-foto di bawah ini:
1.       Hijaunya Gunung Selok
Wisata Pantai Cilacap
View Pantai & Gunung Selok
Kebanyakan orang melakukan kunjungan wisata (rekreasi) adalah untuk menghibur diri, melepas penat, menikmati hidup yang bebas dari hiruk – pikuk pekerjaan dan panasnya kota. Di pantai ini, bukan sekedar kita menikmati ombak yang berdebur, tetapi ada pemandangan cantik dari Gunung Selok yang hijau dan mengagumkan. Tebingnya yang berwarna kuning dan putih, menambah semakin gagahnya Gunung Selok dan tentunya menjadikan pemandangan ini kontras, patut dinikmati.


1.       Muara (Pertemuan Sungai dan Laut)
Pantai Selok Adipala
Dekat Muara (hati-hati yaa)
pantai selok adipala
Bukan hanya lautan dan gunung, tapi di kawasan ini juga ada Sungai Sentolo (Bengawan Adiraja) yang bermuara di sebelah selatan Gunung Selok. Kita bisa melihat betapa besarnya kekuasan Sang Pencipta, yang telah mempertemukan air tawar dan air asin, serta menyatukan arus.


1.       Goa – goa Spiritual
Gunung Selok Cilacap
Padhupan

Goa Ratu Cilacap
Bagian depan Goa Ratu
Gunung Selok yang juga terkenal dengan kawasan wisata religiusnya, tentunya menyajikan tempat – tempat yang nyata difungsikan sebagai loka ritual. Beberapa tempat spiritual yang dekat dengan  pantai ini adalah Goa Rahayu, Goa Ratu, dan Goa Nagaraja. Ketiga goa tersebut merupakan petilasan tokoh-tokoh besar jaman dahulu, yang pernah tapa dan bersemedi di dalamnya. Hingga kini, goa tersebut masih dikunjungi ritualis dan pada malam-malam tertentu, banyak yang mengunjunginya. Wisatawan umum juga boleh masuk ke dalam goa – goa tersebut. Yang penting, jangan berisik yaa...


1.       Pelestarian Mangrove
Mangrove dekat Gunung Selok
dekat kawasan mangrove
Sejak Tsunami Pangandaran yang juga menyapu bersih seluruh kawasan pantai timur Kabupaten Cilacap, pemerintah dan pihak swasta tergugah untuk terus menanam dan melestarikan Pohon Mangrove. Tentunya, pelestarian pohon ini lebih tepat dilakukan di kawasan air payau (campuran air laut dan air sungai). Pelestarian tersebut tidaklah semudah yang dibayangkan. Sebab, arus laut  yang kuat saat terjadi gelombang pasang, seringkali menghanyutkan bibit mangrove yang telah ditanam. Atau bahkan, gelombang pasang tersebut membawa pasir yang dapat membuat bibit mangrove terpendam.
Namun yang lebih menyedihkan lagi adalah ketika orang yang berfoto atau pun lewat di dekatnya, tidak peduli ketika ada sampah yang melilit pohon – pohon mangrove, beberapa pohon mangrove juga ada yang terinjak oleh orang – orang yang kurang hati-hati.
Maka dari itu, mari kita jaga kelestarian pohon mangrove ini bersama-sama, agar suatu saat nanti menjadi pemandangan yang sangat indah sekaligus sebagai tempat berlindungnya satwa-satwa ‘penghuni’ air payau, seperti kepiting, ikan, dll.


1.       Indahnya Sunset
Sunset Selok Adipala
Sunset di Pantai Selok Cilacap
Ingin mendapatkan view terindah di Pantai Selok? Berkunjunglah pada hari yang cerah di waktu sore,nikmati keindahan sampai menjelang senja.

Sayangnya, keindahan Pantai Selok masih kurang terjaga. Dinas Pariwisata maupun kelompok masyarakat setempat, nampaknya belum sungguh – sungguh dalam mengembangkan pariwisata. Warung-warung yang  kurang tertata, serta sampah-sampah yang berserakan, sering dibiarkan begitu saja. Jika keindahan ‘terganggu’ oleh penataan yang tak terkonsep, akankah indah akan selalu indah?
Pantai Selok Adipala
Semoga sekarang sudah rapih

Comments

Popular posts from this blog

Makna Gunung Srandil

GOA RAHAYU SRANDIL SELOK

Tempat Ritual Srandil: Mbah Gusti Agung